7.20.2008

LDII (Lembaga Dakwah Islam Indonesia)

Pendiri dan pemimpin tertinggi gerakan ini adalah Madigol Nurhasan Ubaidah Lubis bin Abdul bin Thahir bin Irsyad. Lahir pada tahun 1915 di desa Bangi, kec. Purwoasri, Kediri, Jawa Timur. Paham yang dianut oleh LDII tidak berbeda dengan aliran Islam Jama'ah/Darul Hadits yang telah dilarang oleh Jaksa Agung Republik Indonesia pada tahun 1971. Keberdaan LDII mempunyai akar kesejarahan dengan Darul Hadits/Islam, Jama'ah yang didirikan pada tahun 1951 oleh Nurhasan Al Ubaidah Lubis (Madigol). Setelah aliran tersebut dilarang tahun 1971, kemudian berganti nama dengan Lembaga Karyawan Islam (LEMKARI) pada tahun 1972 (tanggal 13 Januari 1972. Pengikut gerakan ini pada pemilu 1971 berafiliasi dan mendukung GOLKAR).

Aliran sesat yang telah dilarang Jaksa Agung 1971 ini kemudian dibina oleh mendiang Soedjono Hoermardani dan Jenderal Ali Moertopo. LEMKARI dibekukan di seluruh Jawa Timur oleh penguasa di Jawa Timur atas desakan keras MUI (Majelis Ulama Indonesia) Jatim di bawah pimpinan KH. Misbach.
LEMKARI diganti nama oleh Jenderal Rudini (Mendagri), 1990/1991, menjadi LDII (Lembaga Dakwah Islam Indonesia).

Penyelewengan utamanya, menganggap al-Qur'an dan as-Sunnah baru sah diamalkan kalau manqul (yang keluar dari mulut imam atau amirnya). Gerakan ini membuat syarat baru tentang sahnya keimanan seseorang. Orang yang tidak masuk golongan mereka dianggap kafir dan najis.

Modus operasi gerakan ini mengajak siapa saja ikut ke pengajian mereka secara rutin. Peserta akan diberikan ajaran tentang shalat dan sebagainya berdasarkan hadits, lalu disuntikkan doktrin-doktrin bahwa hanya Islam model manqul itulah yang sah, benar. Pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan, boleh ditebus dengan uang oleh anggota ini.


sumber : Majalah Islam Sabili

12 komentar:

  1. LDII yang suram, bukan hanya LDII doank.., tapi juga sluruh ajaran sesat yang ada di muka bumi, mari pertebal iman dan aqidah kita ^-^...

    BalasHapus
  2. bener apa kata mas Rozssa ...

    BalasHapus
  3. saya bingung tentang islam yang ada di indonesia, yang bener yang kaya gimana? semua terorganisir apakah yang namanya Fajarwan mempunyai jawaban mana islam yang bener? apa jangan2 cuma ngaku2 islam. islam KTP.
    coba kamu tebak ada berapa jenis islam yang ada di indonesia?
    apa kamu cukup yakin dengan ajaran yang kamu anut.......tq

    BalasHapus
  4. aku sependapat ma keluarga arista.tolong kejelasannya....

    BalasHapus
  5. anda-anda dapat melihat diskusi dan pengalaman para mantan jamaah LDII di http://rumahku-indah.blogspot.com

    BalasHapus
  6. Jangan percaya tuan anonim diatas.

    www.wongpinter.blogster.com

    BalasHapus
  7. bisanya koq menjelekkan....telusuri sendiri dunk, jangan cuma modal lambee njeplaaakk...

    nih aq org LDII, biasa2 aja tuh, kehidupanku normal...

    ingat lho hidup cuma sekali, jangan suka menjelekkan/menjerumuskan/menjatuhkan org atau organisasi lain..di dlm hadits diterangkan "bahwa org yang membenci/menjelekkan org lain, maka dia tidak akan mati sebelum dia berbuat seperti yang dia katakan"

    salam damai...:)

    facebook : ian andistama

    BalasHapus
  8. ini bukan asal bicara..klik aja http://airmatakumengalir.blogspot.com
    pasti dapat borok aslinya

    BalasHapus
  9. ihh..gw jd takut nih ...
    abis mbaca koment-nya mas ian..

    kalo gak sengaja/belom tau tu dalil gimana???
    ya Allah semoga Engkau memasukkanku termasuk golongan orang2 yg selamat&beruntung...amiiin.

    BalasHapus
  10. Doktrin Mengkafirkan Muslim Selain LDII (Islam Jama'ah), Lahirkan Perceraian

    http://www.voa-islam.com/news/indonesiana/2011/05/25/14922/doktrin-mengkafirkan-muslim-selain-ldii-islam-jamaah-lahirkan-perceraian/

    BalasHapus
  11. Nice post! Can't wait for the next one. Keep stuff like this coming
    Contoh soal psikotes, Cara membuat blog, Tes iq online, dan Obat herbal.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Posting yang berkaitan